Senin, 23 Februari 2015

Pengenalan Input Komputer


Peralatan input pada komputer adalah perangkat yang memberikan perintah langsung atau data ke peralatan proses pada komputer untuk diproses kemudian dikeluarkan berupa informasi kepada pengguna.

Peralatan input merupakan bagian komputer yang mempunyai peranan yang sangat penting karena langsung berhubungan dengan user atau pengguna komputer. Atau biasa disebut perangkat masukkan (Input Device). Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

  1. Peratalan input langsung
  2. Peratalan input tidak langsung

Peralatan Input Langsung
Picture1



Keyboard atau papan ketik merupakan perangkat masukan yang sering digunakan pada proses masukan. Fungsinya adalah untuk memasukan data dan perintah kedalam komputer yang berupa angka, huruf maupun karakter khusus.






Jenis-jenis Keyboard :

Picture2

Keyboarad QWERTY
Picture4
Keyboard KLOCKENBERG
Picture3
Keyboard DVORAK

Picture5

Mouse adalah peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk menggerakan pointer pada layar monitor. Pointer pada layar disimbolkan dengan panah yang bergerak seiring dengan pergerakan mouse. Mouse sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi berbasiskan GUI (Graphical User Interface).Mouse pada umumnya memiliki tiga tombol, dimana 2 tombolnya disebut sebagai tombol utama. Sedangkan 1 tombol lagi yang disebut sebagai scroll button berfungsi untuk menggulung atau memindahkan tampilan dari atas kebawah begitupun sebaliknya.


    Jenis-jenis Mouse:
  1. Mouse Mekanik (Mechanical Mouse)
  2. Mouse Optik (Optical Mouse)
  3. Mouse Gyroscopic
  4. Mouse 3D (BATS)

    Interface pada Mouse:
  • Serial
  • PS/23.
  • USB (Universal Serial Bus
  • Wireless
Joystick
Picture6


adalah alat masukan komputer yang berbentuk tuas dan dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah. Joystick umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan sebuah game.



Scanner 

Picture7

atau biasa disebut pemindai merupakan suatu alat input yang digunakan untuk memindai suatu bentuk objek maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.


Touch Pad
Picture8



Unit masukan ini biasanya dapat kita temui pada laptop atau notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya Touch Pad ini digunakan sebagai pengganti mouse karena memang fungsinya sama dengan mouse, yaitu merubah gerakan menjadi perintah.



Light Pen

Picture10


Adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.



Barcode
Picture11
Termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.



Mikropon dan Headphone


Picture12
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting.



Peralatan Input Tidak Langsung

  • Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop.
  • Cakram Liuk, atau disebut juga disket adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
  • Punch card/kartu IBM adalah selembar kertas kaku yang berisi baik perintah untuk mengendalikan mesin otomatis atau data untuk aplikasi pengolahan data. Kedua perintah dan data diwakili oleh ada atau tidak adanya lubang di posisi yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar