Rabu, 28 Januari 2015

Making A Good Logo




Salam Hangat sahabat blogger semua, pada kesempatan kali ini kita akan sedikit menjelaskan tentang bagaimanakah membuat suatu logo yang baik, oleh (David Airey)

Yang pertama suatu logo itu harus bisa dijelaskan (describable), jadi apa maksud tujuan, fisi dan misi logo itu kita buat.

Yang kedua adalah mudah diingat (memorable). Suatu logo yang kita buat, bagaimana agar menciptakan suatu logo yang unik dan mudah diingat yang melihat logo kita tersebut, contohnya seperti logo pada Carrefour atau Pizza hut.

Yang ketiga adalah efektif. Maksudnya disini bisa diartikan harmonisasi atau keselarasan warna, jadi ini berhubungan dengan pewarnaan logo yang kita buat. Misalkan kita membuat suatu logo dengan banyak warna, lebih baik kita memilih warna-warna yang selaras, misalkan pada warna kuning, masih banyak lagi warna yang selaras dengan warna hijau dan oren.

Yang keempat adalah fleksibel, ini berhubungan dengan ukuran logo yang kita buat. Kadang di dalam logo kita itu harus bisa di tempatkan di berbagai media tidak hanya di pasang di papan nama pinggir jalan saja atau yang lainnya, namun logo kita harus bisa di pasang untuk di buat di payung, mug atau merchandise seperti kaos dll, kenapa seperti itu, agar logo kita itu bisa tetap cantik.

Yang terakhir adalah relevan, maksud relevan disini suatu logo yang kita buat harus ada kaitannya atau nyambung dengan bidang yang di geluti. Misalkan pada logo speedy. Namun bukan berati misalkan di bidang perbengkelan logo kita harus bergambar kunci, baut, dsb. Tidak, maksudnya logo merupakan visualisasi visi dan misi. Disini biasanya akan bermain dengan filosofi warna, filosofi bentuk dan font yang digunakan. Inspiration from Video2u.


Sebagai contoh pada gambar logo di atas tersebut, kita mengambil gradasi warna abu-abu dan putih, karena dari warna abu-abu sendiri memiliki arti ketenangan dan seimbang. Warna abu-abu pun mencerminkan kepandaian dan kesederhanaan, karena warna sifatnya yang pemanen / warna alam. 

Dan sedikit gradasi warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lainnya. Dan dari logo tersebut yang bertuliskan huruf S dan C itu berbentuk seperti simbol hati yang diharapkan visi dan misi tujuan logo tersebut dibuat mempunyai sifat kasih sayang dan cinta, kepercayaan, niat baik, perasaan yang manis dan indah. 

Mungkin kurang lebih nya seperti itu, jika ada kata salah dalam penulisan ini mohon maaf, dan jika ada yang menambahkan silahkan, terimakasih ...


2 komentar: