Kamis, 29 Januari 2015

Membuat Ilustrasi Urban Art Dengan Coreldraw

Membuat Ilustrasi Urban Art Dengan Coreldraw Part I

Inpiration From Urban Art

Langkah pertama buatlah objek persegi dengan menggunakan Rectangle Tools, kemudian atur Corner Radius : 25px, fungsi ini berguna untuk melengkungkan sudut-sudut, lihat pada gambar berikut.



Lalu Copy Paste objek persegi dan pebesar objek copy seperti pada gambar 1. Pilih kotak bagian dalam kemudian perbesar nilai outline width-nya, misalkan menjadi 5px.



Seleksi kotak bagian luar, klik tool Outline Pen atau tekan tombol F12. Tentukan style garis dengan memilih tipe garis putus-putus pada panel outline pen, jika sudah klik OK.




Buat lagi kotak persegi panjang, dengan menggunakan Shape Tool, arahkan kursor di salah satu titik sudut objek kotak lalu klik dan drag ke arah dalam bentuk melengkung objek secara penuh, lihat contoh gambar




Tempatkan posisi objek seperti contoh di bawah berikut (lihat gambar). Kemudian seleksi objek persegi panjang yang sudah kita lengkungkan itu dan kotak bagian dalam yang ber-outline tebal, lalu klik ikon Intersect. Setelah itu hapus objek persegi panjang awal. Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.






Langkah selanjutnya, buatlah objek persegi panjang kembali, yang nanti kita akan  taruh di bagian dalam desain. Lakukan dengan cara teknik Intersect. Kemudian kita beri Fill Color dengan warna hitam.





Selanjutnya saya akan membuat bentuk hidung, dengan menggunakan Ellipse Tool, pilih mode lingkaran Pie dan tentukan nilai Starting and Ending Angles: 0 dan 180 yang ada property bar. Karena disini kita akan membuat objek menjadi setengah lingkaran.



Putar objek pie sebesar 150° pada opsi Angle of Rotation di property bar. Kemudian kita copy paste, dan geser sedikit ke kanan. Pilih Mirror Horizontally untuk membuat posisi objek lingkaran pie terbalik dan saling berhadapan


.

Langkah berikutnya seleksi kedua ob.jek lingkaran pie, dan pada property bar klik icon Group. Lalu kita beri misalkan  fill warna putih, letakkan dan gabungkan dengan desain yang sebelumnya kita buat (lihat gambar).



Selanjutnya kita buat bentuk mata, dengan cara yang sama menggunakan Ellipse Tool. Untuk menghilangi garis tepi, gunakan Tools Outline lalu pilih icon tanda X. Tambahkan variasi desain bentuk lain dan pewarnaannya pada ilustrasi desain sesuai kreasi kita. 
Selamat Mencoba ... 





Tampilan Akhir Desain








Tidak ada komentar:

Posting Komentar