Rabu, 28 Januari 2015

NIRMANA


Berbicara tentang nirmana, Apa itu NIRMANA?, mungkin sebagian dari kita atau yang masih awam, pasti ada yang belum mengenal dan tahu tentang apa itu nirmana. Pada pembahasan kali ini, disini kita akan sedikit menjelaskan definisi dan arti dari nirmana.

Nirmana merupakan pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. 

Meski nirmana dipahami sebagai sebuah bentuk yang tidak berbentuk. Karena arti dari nirmana sendiri dibentuk dari dua kata yaitu nir berarti tidak, mana berarti makna, jika digabungkan berarti tidak bermakna atau tidak mempunyai makna. Jika diartikan lebih dalam nirmana berarti lambang-lambang bentuk tidak bermakna, dilihat sebagai kesatuan pola, warna, komposisi, irama, nada dalam desain. Bentuk yang dipelajari biasanya diawali dari bentuk dasar seperti kotak, segitiga, bulat yang sebelumnya tidak bermakna diracik sedemikian rupa menjadi mempunyai makna tertentu.





Jika kita telah lebih jauh, nirmana mirip dengan Tipografi (ilmu huruf) yaitu tentang mengorganisasikan sesuatu untuk mencapai kualitas artistik pada sebuah karya seni atau desain. Nirmana berbicara tentang harmoni, keselarasan soal rasa, dan impresi pada sebuah bentuk. Nirmana tidak hanya mencakup 2 dan 3 dimensi saja melainkan menjelajah sebuah ruang yang disebut dengan ruang maya.

Apa itu ruang maya ?

Ruang maya merupakan ruang semu dimana kita bisa menghayalkan sesuatu yang kita sendiripun bingung, dalam artian hayalan tentang sebuah kegilaan bentuk yang sulit kita torehkan dalam media 2 dimensi ( sering disebut dengan nirmana ruang datar / nirmana dwimatra) atau 3 dimensi (sering disebut dengan nirmana ruang / nirmana trimatra).

Unsur-unsur dalam nirmana terbagi menjadi 5 :

  1. Titik adalah unsur visual yang ukurannya relatif kecil, tidak memiliki panjang atau lebar, dan pangkan dari ujung sebuah garis atau bentuk yang akan dibangun.
  2. Garis, sebuah titik yang berjalan, jalur yang dilaluinya adalah garis.
  3. Bentuk adalah sesuatu yang memiliki wujud atau shape yang tampak dari suatu benda. 
  4. Ruang adalah bentuk 2 atau 3 dimensional. Bidang atau keluasan positif atau negatif yang dibatasi oleh sebuah limit. 
  5. Tekstur adalah sifat dan kualitas fisik dari suatu benda. Kasar, halus, keras, lunak dan sebagainya. 

Untuk mendapatkan nirmana dwi matra atau 2 dimensi biasanya dimulai dari pembuatan objek dasar seperti persegi, lingkaran, segitiga, segi lima, segi enam. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pola, lalu disusun dengan cara memutar objek dua dimensi ( rotate ), memiringkan objek ( skew ), menduplikasi objek ( duplicate ), merubah ukuran ( transform ), membalik objek ( mirror ), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar